Tubuh Kurus Pun Rentan Kena Penyakit


Tak dapat dimungkiri, tubuh kurus dan langsing merupakan idaman banyak wanita. Bahkan, tak sedikit yang rela menunda waktu makan atau merogoh saku lebih dalam demi mendapat tubuh yang diidamkan. Pasalnya, ukuran tubuh seperti ini dinilai dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus menghindarkan diri dari segala risiko penyakit.

Moesijanti YE Soekatri, MCN, PhD, Ketua Departemen Publikasi Ilmiah Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), mengemukakan bahwa kasus berat badan kurang banyak dialami oleh perempuan yang umumnya merasa takut gemuk. “Mereka menjalani diet tanpa tahu porsi yang benar dan akibat-akibatnya. Jadi, faktor psikologis juga berpengaruh membuat seseorang mengalami berat badan kurang,” paparnya.

Kasus berat badan kurang memang jarang disadari sebagai penyakit karena ciri dan dampaknya belum terlalu dikenal masyarakat. Padahal, ia menegaskan, mereka yang kelebihan ataupun kekurangan berat badan sama-sama diintai sekian banyak bahaya.

Begitu pula yang dipaparkan oleh Dr Fiastuti Witjaksono, SpGK, spesialis gizi klinik dari Klinik Seruni Gizi FKUI. “Orang dengan berat badan kurang umumnya mengalami ketidakseimbangan komposisi zat-zat yang diperlukan tubuh sehingga daya tahan tubuh berkurang dan membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit,” paparnya.

Orang dengan berat badan kurang bisa jadi terhitung abai pada kandungan bahaya dalam makanan. Pikiran bahwa ia tidak mengalami kegemukan justru membuatnya merasa bebas melahap apa saja dan kapan saja. Padahal, hal ini tentu tak dibenarkan karena setiap kandungan yang diperlukan tubuh memiliki porsi ideal masing-masing.

“Faktanya, penderita kolesterol itu banyak yang kurus. Memang, orang yang gemuk berisiko terkena penyakit tersebut, tetapi sebenarnya penyumbatan itu tidak pandang bulu. Mereka yang berat badannya kurang tetap dapat terserang jantung, stroke, dan kolesterol," ujar Moesijanti.

0 Response to " Tubuh Kurus Pun Rentan Kena Penyakit "

Posting Komentar

Powered by Blogger