Mohon maaf kalau sebelumnya sudah ada atau pernah yang posting mengenai cemilan sehat menjelang tidur, namun kalau hal ini belum mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan baru yang bisa menambah wawasan kita dan apabila sudah ada setidaknya ini bisa menjadi pengingat bahwa cemilan juga ada yang baik untuk kita konsumsi meskipun menjelang tidur.

Siapa bilang ngemil dimalam hari itu buruk ? Pada umumnya, ngemil dimalam hari terutama disaat akan menjelang tidur memang memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh anda. Namun, anda tidak usah khawatir karena ada 4 cemilan sehat menjelang tidur yang bisa anda konsumsi.

Apa saja makanan tersebut ? Sebelum kami menyebutkan 4 cemilan sehat menjelang tidur tersebut sebaiknya kita kenali dulu kandungan gizi seperti apa yang baik untuk kita konsumsi dimalam hari. Kandungan gizi tersebut bernama Tryptopan.

Tryptophan adalah asam amino yang dapat dikonversi menjadi serotonin dan melatonin. Melatonin dan serotonin adalah zat kimia alami dalam otak yang memberikan efek relaksasi yang dapat membantu Anda tidur nyenyak. Dengan meningkatnya asupan tryptopan maka kadar serotonin dan melatonin dalam otak Anda juga meningkat, maka tidurpun menjadi lebih mudah. Selain kadar tryptopan pada camilan, kandungan karbohidrat kompleks pada camilan juga penting karena berperan dalam mempromosikan serotonin.

Berikut ini merupakan 4 cemilan sehat menjelang tidur yang tentunya mempunyai dampak yang baik bagi tubuh anda, diantaranya :

1. Pisang dan kacang

Asup sepotong pisang dengan segenggam kacang favorit Anda. Dengan mengkombinasikan kacang dan pisang, Anda akan mendapatkan tryptophan dan karbohidrat yang bisa membantu tidur Anda lebih mudah.

2. Kerupuk dan selai kacang

Olesi selai kacang di atas kerupuk gandum utuh. Ini adalah campuran karbohidrat kompleks, protein dan tryptophan yang alami.

3. Semangkuk sereal

Susu mengandung tryptophan dan sereal gandum, yang merupakan karbohidrat kompleks yang saling melengkapi. Hanya, pastikan untuk menghindari gula pada malam hari.

4. Keju

Mengunyah keju rendah lemak sebelum tidur akan memberikan persediaan tryptophan. Plus, protein tanpa lemak bisa membuat Anda tenang, menjaga gula darah Anda secara stabil.

Itulah 4 cemilan sehat menjelang tidur yang bisa anda konsumsi. Perlu anda ketahui bahwa apabila anda ingin makan malam sebaiknya anda lakukan setidaknya 3 jam sebelum menjelang tidur dan makan cemilan setidaknya 1 jam sebelum tidur. Apabila kondisi perut anda kosong ketika tidur hal ini bisa mempersulit anda untuk segera tidur dan membuat tidur anda tidak nyenyak.