Jangan Anggap Remeh Sampah Berserakan


detail berita
MUSIM penghujan yang menyebabkan banjir dan genangan air menjadi tempat sempurna bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jika populasi nyamuk berkembang pesat, dikhawatirkan akan muncul penyakit demam berdarah yang menyerang Anda dan keluarga. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga lingkungan tetap bersih agar nyamuk tidak berkembang biak.

Penyakit demam berdarah pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan, terutama pada tempat perindukan nyamuk aedes aegypti, yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan saat musim hujan banyak sampah yang berserakan terbawa banjir, misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu yang dapat terisi air, dan terjadi genangan untuk beberapa waktu.

Genangan air dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk DBD. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka risiko terjadinya penularan juga semakin meningkat. Untuk itu Kementerian Kesehatan RI meminta masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3 M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

Selain itu, agar masyarakat segera membawa keluarganya ke sarana kesehatan bila ada yang sakit dengan gejala  panas tinggi yang tidak jelas sebabnya yang disertai adanya tanda-tanda perdarahan.

0 Response to " Jangan Anggap Remeh Sampah Berserakan "

Posting Komentar

Powered by Blogger