SBY : Rp 2 Triliun untuk Solusi Banjir Jakarta


SBY : Rp 2 Triliun untuk Solusi Banjir Jakarta
JAKARTA,  Pemerintah menyiapkan dana hingga 2 triliun rupiah untuk mengatasi banjir di Jakarta. Hal itu disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menggelar jumpa pers di tepi Sungai Ciliwung, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Minggu (20/1/2013).
"Untuk prioritas, solusi banjir di Jakarta, jangka pendek dan jangka menengah, pemerintah menyiapkan Rp 2 triliun," kata Presiden.
Dana sebesar Rp 2 triliun itu rencananya dipakai untuk menyokong rencana jangka pendek dan jangka menengah. Untuk jangka pendek, Rp 300 miliar akan digunakan menambah 50 unit MCK mobile dan pompa. Sedangkan sisanya untuk membuat sodetan dari Sungai Ciliwung menuju kanal banjir timur (KBT) sebesar Rp 500 miliar, dan normalisasi sungai sebesar Rp 1,2 triliun.
Presiden menyampaikan, sinergi yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah itu didasari posisi Jakarta yang bukan hanya sebagai salah satu provinsi di Indonesia, tetapi juga sebagai pusat pemerintahan, pusat perekonomian, dan pusat hubungan internasional. Alasan lainnya, skala banjir Jakarta tak akan mampu hanya diatasi oleh Pemerintah Provinsi DKI sendiri, oleh sebab itu, Pemerintah Pusat mengambil alih hal-hal yang tak dapat dilakukan oleh DKI.
"Semua tahu, telah terjadi perubahan iklim di dunia ini, banjir ini bisa terjadi lagi, dan sekarang belum aman betul. Diperkirakan curah hujan masih terjadi sampai Maret, maka kita berjaga-jaga, masyarakat siap, dan dampak banjir bisa dikurangi," ujar Presiden.
Semua keputusan Presiden itu merupakan hasil rapat koordinasi bersama sejumlah pejabat terkait. Di antaranya Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, perwakilan DPR RI, dan perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Rapat tersebut digelar pada Minggu siang tadi, di pos pengungsian, di GOR Otista, Jakarta Timur.

0 Response to " SBY : Rp 2 Triliun untuk Solusi Banjir Jakarta "

Posting Komentar

Powered by Blogger