Kiat Berendam untuk Bayi


Berendam bisa menjadi salah satu cara relaksasi untuk bayi, dan aman dilakukan pada usia tiga bulan ke atas. Tak perlu lama melakukannya, cukup 5-10 menit. Berendam dapat melemaskan otot-otot sekaligus memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk bayi. Saat berendam bayi akan menggerakkan kaki yang terbukti bermanfaat untuk menguatkan otot-ototnya.

Jika ingin mengajak bayi berendam perhatikan sejumlah hal ini:

* Gunakan air hangat sekitar 36 derajat Celcius. Bila tidak ada alat pengukur suhu, mengukur kehangatan air cukup disamakan dengan suhu tangan orang dewasa. Caranya, masukkan tangan ibu ke dalam bak atau baskom, jika suhu air sudah sama dengan tangan, berarti suhu air sudah sesuai untuk bayi.
* Pilih air hangat karena akan memberikan rasa nyaman pada bayi dan berfungsi melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Penggunaan air hangat juga mencegah tubuh bayi kedinginan karena perbedaan suhu tubuh bayi dan suhu air tidak terlalu jauh.
* Sediakan wadah plastik khusus mandi atau kolam plastik jika ada. Sediakan juga pelampung leher khusus bayi.
* Supaya bayi tidak kaget, celupkan kaki bayi terlebih dahulu pada permukaan air selama beberapa kali. Setelahnya baru bayi dimasukkan ke dalam air.
* Jika bayi belum dapat duduk dan kaki-kakinya belum kuat, sangga bayi dengan tangan Anda dalam keadaan terlentang lalu posisikan bayi senyaman mungkin untuk berendam.
* Jika sudah terbiasa, coba ganti dengan posisi tengkurap, tetap dengan tangan Anda sebagai penyangganya di air dengan leher tetap tegak di atas permukaan air meski menggunakan pelampung leher.

0 Response to " Kiat Berendam untuk Bayi "

Posting Komentar

Powered by Blogger