MengatasiI Emosi


mengatasi emosi

Mengatasi Emosi - Masih ingat ketika kita mengalami hal-hal yang menyenangkan dalam hidup atau ketika kita masih kecil? Penuh kegembiraan dan kebahagiaan atas apa yang kita lakukan dan setelah itu juga akhirnya secara otomatis kita bisa berbahagia dan bergembira sendiri tanpa membutuhkan suasana itu secara real.
Sehingga banyak sekali dari pemahaman yang (orang bilang) lebih dewasa ini, malah terjebak dengan keadaan yang tidak lebih bijak untuk menjalaninya ketimbang masih kecil. Ini juga yang memicu stress karena kita melihat bahwa apa yang kita rasakan sewaktu kecil berbeda dengan dunia dewasa dalam hal kebahagiaan.
Dalam diri kita, ada banyak bagian diri. Simplenya adalah banyak perasaan-perasaan emosi yang kita miliki. Namun semuanya harus setuju ketika anda ingin bahagia, semuanya harus ikut menyetujui hal itu. Jika tidak, maka kebahagiaan itu malah tidak pernah terjadi bukan? Atau merasa aneh ketika 99% bagian diri anda sangat setuju untuk membuat anda bahagia, tetapi ada yang sedih dalam diri anda ketika anda berbahagia.
Sampai sekarang saya juga masih bertemu dengan orang tua yang berprinsip apa pun yang dilakukannya adalah untuk membahagiakan keluarga atau anak-anak mereka. Dan yang (menurut saya) konyol adalah mereka membahagiakan keluarga tapi tidak melibatkan diri mereka ke dalam kebahagiaan itu sendiri. Sehingga prinsip yang mereka pakai berbuah boomerang terhadap dirinya sendiri.
Nah pembaca, bahagia dan kebahagiaan punya satu prinsip dasar yaitu lakukanlah dengan bahagia dan penuh oleh hal-hal yang bisa kita ciptakan sendiri untuk menjadi bahagia. Prinsip berikutnya adalah semua harus berjalan sinkron / selaras.
Mungkin banyak hal dalam hidup yang ingin anda ubah. Mungkin kondisi keuangan, rumah tangga, relationship, bisnis, pekerjaan dan masih banyak lagi.
ada beberapa orang yang berprinsip ingin membahagiakan keluarga dengan cara-cara yang tidak bahagia. Banyak yang bekerja keras sampai tidak sadari waktu. Ada juga yang sampai pergi merantau keluar kota, pulau sampai negeri untuk bertujuan membahagiakan keluarga dengan hasil(uang) yang mereka dapatkan dinegeri orang, tetapi sekembalinya kekeluarga mereka malah menemukan ternyata uang tidak juga bisa membahagiakan orang-orang yang mereka cintai.
Dari paragraph diatas mungkin anda bingung bagaimana melakukannya dengan bahagia? Bagaimana caranya agar sinkron dan apa yang harus disinkronkan??
Mengatasi Emosi – Izinkan saya memberi sebuah perumpamaan. Pernah bermain bola? Bisa basket, sepakbola atau bowling atau juga yang lain. Misalnya anda sering kali menonton pertandingan yang anda sukai, sebagai contoh sepak bola yang paling sering kita dengar dan lihat. Dari layar kaca, kita bisa melihat banyak hal yang tidak bisa dilihat dari sudut pemain yang ada dilapangan itu sendiri. Kita sering kali melihat bahwa team yang kita idolakan sering salah posisi, salah menggiring, terlihat ragu-ragu, atau udah kalah mental duluan sebelum berperang, dan kita bisa liat banyak hal dari sudut pandang kita. Kalo pada saat team kebanggaan kita memasukan bola kesarang lawan, kita senangnya bukan main, tetapi ketika keadaan digawang sendiri sedang kritis, kita langsung bisa melihat kesalahan-kesalahan pemain-pemain belakang dan juga kipper dari team yang kita idolakan. MISALNYA, anda kemudian diundang untuk memberi komentar pada salah satu televisi yang menayangkan pertandingan bola itu. Anda bisa ngoceh, nyerocos tentang kesalahan-kesalahan team kesukaan anda. Bahkan mungkin anda bisa membodoh-bodohi, mencaci, mengeluarkan emosi anda karena tidak bisa menggiring bola dan membuat goal untuk anda, seakan akan anda adalah satu-satunya orang yang harus mendapat kemenangan dari pertandingan tersebut. Ketika melihat pertandingan itu, anda bisa berfikir lebih jernih karena anda melihat dari sudut pandang yang berbeda.
Mungkin ketika anda menjadi seorang pemain, anda baru bisa merasakan emosi yang terjadi dilapangan itu. Mungkin juga anda bisa menyadari kesalahan posisi, kesalahan tendangan, kesalahan komunikasi, dan masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang baru anda pahami ketika anda terjun langsung sebagai seorang pemain. Itu lah yang saya maksud. Anda akan sangat kompeten apabila anda telah berada dilapangan atau paling tidak merasakan lapangan dan pernah berada dalam suatu game untuk mencapai kemenangan. Jadi, mulailah kompeten anda dari diri anda sendiri. Mulailah bahagia dari bahagia anda sendiri.
Lalu bagaimana caranya jika sekarang kita tidak berbahagia tapi kita ingin bahagia?
Sangat banyak cara. Namun sebelum anda ketemu caranya, anda harus menyadari terlebih dahulu apa yang menyebabkan anda menjadi tidak bahagia penuh dengan emosi sehingga anda ingin menemukan cara untuk mengatasi emosi ? sering kali stress karena apa yang anda anggap penting, justru tidak penting, yang anda anggap tidak penting justru penting namun mungkin momentnya sudah lewat dan anda tentunya tidak bisa lagi untuk mengulang dimensi waktu ini.
Tehnik-tehnik terkini seperti Hypnotherapy, NLP, EFT, Ego State Therapy, TAT, Energy Psychology dan masih banyak lagi, sangat efektif dan membantu proses mengalami lompatan kuantum atas kesadaran akan emosi dan diri sendiri.
Tehnik-tehnik ini menyadari apa yang (menurut pikiran kita) menjadi masalah, maka anda bisa menemukan jalan keluarnya. Misalnya dengan forgiveness therapy, dengan merubah-ubah sudut pandang kita dengan submodalitas panca indera kita, dengan menyatukan bagian-bagian dari diri kita, dengan membuang emosi, dengan menetralisir energy negative dalam diri kita dan masih banyak lagi cara-cara lainnya. Bahkan anda bisa mencari fasilitator yang cakap untuk memfasilitasi perubahan anda kearah yang jauh lebih baik dari yang sekedar anda harapkan.
Nah, untuk prinsip yang kedua dimana semuanya harus sinkron, saya berikan perumpamaan lagi ya. Pernah mendengarkan paduan suara? Paling tidak di film-film yang anda pernah tonton. Paduan suara biasanya berjumlah 15 -20 orang atau lebih. Dalam paduan suara itu terdapat suara-suara yang satu sama lain tidak sama, suara wanita-pria, bass-tenor, single vocal dan masih banyak lagi. Bagaimanapun paduan suara itu akan sangat dahsyat kekuatannya apabila mereka bersepakat untuk menyajikan satu nada meskipun jangkauan nadanya berbeda beda dari penyanyi satu ke yang lain. Dan paduan suara ini harus menampilkan kelembutan dari setiap sudut suaranya.
Yuk kita membayangkan bila ternyata ada satu penyanyi yang tidak setuju untuk mengeluarkan suara yang sama dengan yang lain, tentunya akan memalukan. Dan terkadang kita sebagai pendengarlah yang malah malu untuk mendengar suara itu. Anda mengerti maksud saya??
Jika anda mengalami hal ini, segera sadari dan bereskan. Apabila anda tidak mengerti dan tidak tahu bagaimana cara membereskannya, segera hubungi orang yang kompeten dan cakap untuk hal ini.
Biasanya orang berubah paling drastis adalah ketika kenal dengan dunia uang, dunia mencari uang, dunia bisnis, dunia pekerjaan, dan dunia yang membutuhkan kompetensi kita untuk bisa bersaing tanpa menyaingi. Dan disanalah biasanya banyak orang memaknai hidup yang keras dan penuh perjuangan.
Apakah anda sudah menetapkan target baru yang lebih tinggi dan lebih baik? Jika sudah, periksa perasaan anda, apakah ada rasa tidak enak/ mengganjal? Atau bisa juga tiba-tiba ada suara dari dalam hati yang terdengar jelas ditelinga anda bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan. Jika semua itu baik-baik saja, maka anda akan tenang atas hal ini. Tetapi jika ada merasakan ada yang tidak enak dari diri anda, anda tahu siapa yang harus anda hubungi kan??!!
Ya, akhirnya kita benar-benar bisa mengalami kebahagiaan langsung dari dalam diri. Karena proses ini mengalami penguatan sesuai dengan umur kita, maka sebenarnya program ini menjadi sebuah sumberdaya untuk kita gali dan kembalikan lagi pada hidup kita saat ini.

0 Response to " MengatasiI Emosi "

Posting Komentar

Powered by Blogger