Leukemia atau Kanker Darah


Kanker darah disebut pula dengan leukemia. Semua kanker dimulai dari sel-sel yang membentuk darah dan jaringan-jaringan lain. Secara normal, sel-sel tumbuh dan membelah untuk membentuk sel-sel baru ketika tubuh membutuhkan mereka. Ketika sel-sel tumbuh menjadi tua, mereka mati, dan sel-sel baru pun mengambil tempat mereka.
Pada orang-orang yang menderita leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah putih abnormal yang disebut sel-sel leukemia. Peristiwa tersebut terjadi ketika sel-sel leukemia berfungsi hampir secara normal, tapi kemudian mendesak sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, dan platelet-platelet yang normal. Akibatnya, fungsi kerja darah pun menjadi terbebani.

Gambar pembuluh darah pada penderita kanker darah atau leukemia


Namun, adakalanya proses yang teratur ini berjalan salah. Sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka dan sel-sel tua tidak mati ketika mereka seharusnya mati. Nah, leukemia adalah kanker yang bermula pada sel-sel darah tersebut.
Sel-sel darah terbentuk di sumsum tulang. Sumsum tulang adalah material yang lunak di pusat tulang-tulang. Sel-sel darah yang belum menjadi dewasa atau matang disebut sel-sel induk. Kebanyakan sel-sel darah menjadi dewasa didalam sumsum tulang, kemudian bergerak ke dalam pembuluh-pembuluh darah. Darah yang mengalir melalui pembuluh-pembuluh darah menuju jantung ini disebut darah peripheral.

Sumsum tulang membuat tipe-tipe yang berbeda dari sel-sel darah. Setiap tipe mempunyai fungsi yang khusus, yaitu :
1. Sel-sel darah putih untuk membantu melawan infeksi
2. Sel-sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke berbagai jaringan di seluruh tubuh
3. Platelet-platelet untuk membantu membentuk bekuan-bekuan atau gumpalan-gumpalan darah yang mengontrol pendarahan

0 Response to " Leukemia atau Kanker Darah "

Posting Komentar

Powered by Blogger